Sifat Wahdaniyat berarti bahwa Allah itu Maha Esa (Tunggal). Allah merupakan satu-satunya yang mengatur alam semesta ini dan Allah adalah satu-satunya yang berhak untuk disembah. Sedangkan sifat 'Ilmu menunjukkan bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu di alam ini, baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi.
Penjelasan ini adalah lanjutan dari pembahasan sifat Qiyamuhu binafsih dan Hayat sebelumnya.
س : كَيۡفَ الۡإِعۡتِقَادُ بِوَحۡدَانِيَّةِ
اللهِ تعالى ؟
ج : هُوَ أَنۡ نَعۡتَقِدَ
أَنَّ اللهَ تعالى وَاحِدٌ لَيۡسَ لَهُ شَرِيكٌ وَلَا نَظِيرٌ وَلَا مُـمَاثِلٌ
وَلَا ضِدٌّ وَلَا مُعَانِدٌ.
Pertanyaan : Bagaimana cara meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala bersifat Wahdaniyat (Esa)?
Jawaban : Yaitu dengan meyakini bahwa sesungguhnya Allah Ta’ala Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada yang menyerupai Dzat-Nya, menyamai-Nya, tidak punya lawan yang dapat menandingi-Nya dan tidak pula ada yang bisa menentang-Nya.
Penjelasan:
Dalil mengenai hal ini adalah firman Allah berikut:
قُلۡ
هُوَ اللّٰهُ أَحَدٌ ١
“Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa.” (QS. Al-Ikhlas [112]: 1)
Dalam ayat lain Allah juga berfirman:
لَوۡ
كَانَ فِيهِمَآ ءَالِهَةٌ إِلَّا اللّٰهُ لَفَسَدَتَاۚ فَسُبۡحٰنَ اللّٰهِ رَبِّ الۡعَرۡشِ
عَمَّا يَصِفُونَ ٢٢
“Sekiranya di langit dan di bumi ada Ilah-ilah selain Allah, tentulah keduanya (langit dan bumi) itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah pemilik ‘Arsy dari apa yang mereka sifatkan.” (QS. Al-Anbiya` [21]: 22)
Seandainya alam ini memiliki pengatur lebih dari satu, sudah pasti masing-masing pengatur memiliki hukum dan aturan yang berbeda. Perbedaan aturan inilah yang akan mengakibatkan hancurnya alam semesta. Namun hal itu tidak terjadi karena Allah bersifat Wahdaniyat (Esa) sebagai satu-satunya pengatur sehingga terciptalah keharmonisan di alam semesta.
س : كَيۡفَ الۡإِعۡتِقَادُ بِعِلۡمِ اللهِ تعالى
؟
ج : هُوَ أَنۡ نَعۡتَقِدَ
أَنَّ اللهَ تعالى مَوۡصُوفٌ بِالۡعِلۡمِ وَأَنَّهُ بِكُلِّ شَيۡئٍ عَلِيمٌ : يَعۡلَمُ
الۡأَشۡيَآءَ كُلَّهَا ظَاهِرَهَا وَبَاطِنَهَا وَيَعۡلَمُ عَدَدَ حَبَّاتِ الرَّمۡلِ
وَعَدَدَ قَطَرَاتِ الۡمَطَرِ وَأَوۡرَاقِ الشَّجَرِ وَيَعۡلَمُ السِّرَّ وَأَخۡفَى.
لَا تَخۡفَى عَلَيۡهِ خَافِيَةٌ وَعِلۡمُهُ لَيۡسَ بِـمُكۡتَسَبِ، بَلۡ يَعۡلَمُ
الۡأَشۡيَاءَ فِي الۡأَزَلِ قَبۡلَ وُجُوۡدِهَا.
قُلۡ
أَتُعَلِّمُونَ اللّٰهَ بِدِينِكُمۡ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ مَا فِي السَّمٰوٰتِ وَمَا
فِي الۡأَرۡضِۚ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيۡءٍ عَلِيمٞ
١٦
وَعِندَهُۥ
مَفَاتِحُ الۡغَيۡبِ لَا يَعۡلَمُهَآ إِلَّا هُوَۚ وَيَعۡلَمُ مَا فِي الۡبَرِّ
وَالۡبَحۡرِۚ وَمَا تَسۡقُطُ مِن وَرَقَةٍ إِلَّا يَعۡلَمُهَا وَلَا حَبَّةٖ فِي
ظُلُمٰتِ الۡأَرۡضِ وَلَا رَطۡبٖ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِي كِتٰبٖ مُّبِينٖ ٥٩
0 Komentar